Kerja sama adalah sebuah sistem pekerjaan yang kerjakan oleh dua orang atau lebih untuk mendapatkan tujuan yang direncanakan bersama. Kerja sama dalam tim kerja menjadi sebuah kebutuhan dalam mewujudkan keberhasilan kinerja dan prestasi kerja. Kerja sama dalam tim kerja akan menjadi suatu daya dorong yang memiliki energi dan sinergisitas bagi individu-individu yang tergabung dalam kerja tim. Komunikasi akan berjalan baik dengan dilandasi kesadaran tanggung jawab tiap anggota.
Kerja sama dilakukan oleh sebuah tim lebih efektif daripada kerja secara individual. Menurut West (2002), Telah banyak riset membuktikan bahwa kerja sama secara berkelompok mengarah pada efisiensi dan efektivitas yang lebih baik. Hal ini sangat berbeda dengan kerja yang dilaksanakan oleh perorangan.
Setiap tim maupun individu sangat berhubungan erat dengan kerja sama yang dibangun dengan kesadaran pencapaian prestasi dan kinerja. Dalam kerja sama akan muncul berbagai penyelesaian yang secara individu tidak terselesaikan. Keunggulan yang dapat diandalkan dalam kerja sama pada kerja tim adalah munculnya berbagai penyelesaian secara sinergi dari berbagai individu yang tergabung dalam kerja tim.
Kontribusi tiap-tiap individu dapat menjadi sebuah kekuatan yang terintegrasi. Individu dikatakan bekerja sama jika upaya-upaya dari setiap individu tersebut secara sistematis terintegrasi untuk mencapai tujuan bersama. Dalam mencapai tujuan bersama, kerja sama memberikan manfaat yang besar bagi kerja tim. Biasanya organisasi berbasis kerja tim memiliki struktur yang ramping. Oleh sebab itu, organisasi akan bisa merespons dengan cepat dan efektif lingkungan yang cepat berubah (West, 2002).
Menurut saya sendiri, kerja sama dalam suatu organisasi itu sangat penting. Karena di dalam organisasi, banyak masalah yang harus dihadapi dengan bermacam-macam bentuknya. Manusia yang satu dengan yang lainnya juga mempunyai kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Jadi kita tidak bisa bekerja sendiri untuk mengatasi semua masalah yang ada, namun kita membutuhkan adanya orang yang bisa menutupi kekurangan kita dan kita juga bisa menutupi kekurangannya. Dan juga dengan bekerja sama dan membagi-bagi tugas akan menjadikan pekerjaan menjadi lebih cepat selesai dan hemat waktu. Dengan adanya kerja sama, kekurangan dalam memecahkan masalah itupun menjadi lebih kecil sehingga pekerjaan bisa menjadi efektif dan efisien.
http://nurulnuey.blogspot.com/2014/04/teori-organisasi-umum-2tulisan-2.html
No comments:
Post a Comment