Pengorganisasian adalah proses mengusahakan hubungan-hubungan yang efektif antara orang-orang,
sehingga mereka dapat bekerja sama secara efisien dan dengan demikian memperoleh kepuasan pribadi dalam melaksanakan tugas tertentu, dalam kondisi lingkungan tertentu guna mencapai tujuan tertentu.
MANAJEMEN
PERUSAHAAN
ntuk
dapat bersaing perusahaan harus mampu mengenali dengan baik semua aspek yang dimilikinya
baik dilihat dari sisi kekuatan maupun kelemahannya. Hal tersebut dimaksudkan supaya
perusahaan dapat mengambil langkah untuk membangun dengan segenap kemampuan yang
ada dengan cara melakukan perbaikan yang berkesinambungan yang melibatkan
seluruh karyawan (Rao,1996). Kunci keberhasilan peningkatan kinerja dalam suatu
perusahaan adalah
efektivitas
dan efisiensi dalam perusahaan. Keduahal tersebut harus dijalankan pada setiap kegiatan
diseluruh departemen yang ada pada perusahaan. Karyawan adalah aset utama dalam
setiap organisasi dimana pengetahuan yang dimiliki oleh setiap karyawan yang
telah cukup lama melakukan pekerjaan tertentu sangatlah bernilai. Dalam hal ini
karyawan harus dapat belajar cepat dan mempunyai kreativitas karena perbaikan
dan perubahan organisasi hanya dapat tercapai apabila mereka berubah menjadi
lebih baik secara internal (Kaplan dan Norton, 1996).
Di
samping itu organisasi harus terdiri dari karyawan yang tujuan pribadinya
sesuai dengan visi dan misi organisasi, dan karenanya merekamempunyai
pendekatan positif terhadap perbaikan dan perubahan. Para karyawan harus mau
belajar dari kesalahan mereka sendiri, saling berbagi pengetahuan, saling
percaya, saling berkomunikasi secara terbuka, mempunyai cara kerja yang
cerdas,
menyenangkan dan beretika didalam organisasi. Banyak organisasi belum memahami pentingnya
aspek-aspek tersebut, sehingga proyek-proyek perbaikan dan pengembangan yang telah
dilakukan hasilnya bersifat sementara, dan banyak kesempatan untuk meraih daya
saing terlewat begitu saja (Besterfield, 2003).
Menggunakan
acuan pada standar yang ada, maka outputdari suatu proses bisnis adalah produk/jasa
yang berkualitas tinggi dimana outputtersebut nantinya akan mencapai kepuasan pelanggan
sepenuhnya. Penilaian kinerja dalam suatu organisasi merupakan suatu kebutuhan
yang sangat penting, dimana hal ini dapat membantu untuk mengetahui sejauh mana
kemajuan dan perkembangan suatu organisasi. Penilaian kinerja ini tidak dapat
berdiri sendiri, melainkan terkait dengan pembentukan strategi yang mengarah
pada pencapaian visi, misi, dan tujuan organisasi. Setelah strategi dibuat
dengan jelas, maka diperlukan suatu sistem penilaian kinerja agar setiap perubahan
dan kemajuan yang sedang diupayakan menjadi terukur. Sistem penilaian tersebut haruslah
dapat menghubungkan tujuan pribadi para pekerja dengan tujuan yang ingin
dicapai oleh organisasi (Rampersad, 2006).
|
Batasan/Definisi
·
Menurut Robbins (1994:6), menyatakan
struktur organisasi menetapkan bagaimana tugas akan dibagi, siapa melapor
kepada siapa, serta mekanisme koordinasi yang formal dan pola interaksi yang
akan diikuti.
·
S.Reksohadiprodjo, dan T.H.Handoko
(1992:74); Struktur organisasi merupakan suatu kerangka yang menunjukkan
seluruh kegiatan untuk pencapaian tujuan organisasi, hubungan antar fungsi,
serta wewenang dan tanggung jawabnya
Pola dan kelompok
pekerjaan dalam suatu organisasi. Suatu sebab penting perilaku individu dan
kelompok ( Gibson), yang dapat diidentifikasikan menjadi:
Struktur sebagai
pengaruh dari perilaku
Struktur sebagai
aktivitas berulang
Struktur sebagai
perilaku yang berorientasi pada maksud dan tujuan
STRUKTUR ORGANISASI KOMPONEN DASAR
4
komponen dasar struktur organisasi:
Pembagian tugas (tanggung jawab) pada individu (bagian)-SPESIALISASI
Hubungan pelaporan resmi, hirarki, rentang kendali
Pengelompokan individu menjadi bagian organisasiDEPARTEMENTALISASI
Komponen 1, 2 & 3: statis, tampak
pada struktur organisasi
Komponen 4: dinamis, tidak tampak
1.
Garis vertikal menggambarkan hubungan otoritas, hubungan
pelaporan,
tingkatan hirarkhi, dan rentang kendali
2.
Nama jabatan dan garis otoritas menunjukkan lingkup tugas serta
tanggung
jawab setiap pejabat
3.
Sebutan satuan menunjukkan pengelompokan fungsi
DESAIN
ORGANISASI
Keputusan manajemen dan tindakan yang dihasilkan pada suatu struktur organisasi.
Desain
organisasi
Keputusan
manajerial:
•Pembagian
pekerja
•Dasar
departementalisasi
•Ukuran
departemen
•Delegasi
wewenang
PEMBAGIAN
KERJA / spesialisasi
:Proses
membagi pekerjaan ke dalam pekerjaan yang relatif khusus guna
mencapai
keunggulan spesialisasi
Pembagian kerja dapat berdasarkan:
1.
Keahlian personal
2.
Spesialisasi horisontal
3.
Spesialisasi vertical
DASAR DEPARTEMENTALISASI
• DEPARTEMENTALISASI:
proses dimana suatu organisasi secara struktural dibagi
dg mengkombinasikan
pekerjaan dalam departemen berdasarkan beberapa andil karakteristik atau dasar
tertentu.
Dasar
departementalisasi
• Departementalisasi
fungsi
• Departementalisasi
teritorial
• Departementalisasi
produk
• Departementalisasi
pelanggan, ex: struktur organisasi pendidikan,departemen pinjaman dari bank
• Matrik
STRUKTUR
ORGANISASI FUNGSIONAL
Desain
Organisasi
• Tipe Organisasi
– Berdasarkan Fungsi
• Kelebihan: kerja
lebih efisien, pengawasan menjadi lebih mudah.
• Kekurangan: sulit
mengintegrasikan dan mengkoordinasikan kegiatan yang berbeda, pertanggung jawaban
menjadi kurang jelas.
– Berdasarkan Produk
atau Pasar
• Kelebihan:
pengambilan keputusan menjadi semakin cepat, koordinasi menjadi lebih mudah,
dan pertanggungjawaban jelas.
• Kekurangan: biaya
operasional meningkat, duplikasi kegiatan/fungsi, pandangan sempit yang
mengutamakan divisi/bagiannya.
STRUKTUR
ORGANISASI CAMPURAN
• Struktur Campuran
(Hibrid):
– Gabungan
Fungsional-produk: struktur produk memiliki secara lengkap fungsi-fungsi yang
dibutuhkan, tetapi
beberapa fungsi lainnya tetap dikuasai pusat perusahaan
– Fungsi yang tidak
didesentralisasi : memerlukan efisiensi dan keahlian fungsional
SUMBER REFERENSI :
1. STRUKTUR DAN DESAIN ORGANISASI : IKA RUHANA
2. http://rahadiandimas.staff.uns.ac.id/files/2011/12/Manajemen-Perusahaan.pdf
3. http://core.kmi.open.ac.uk/download/pdf/11715053.pdf
1. STRUKTUR DAN DESAIN ORGANISASI : IKA RUHANA
2. http://rahadiandimas.staff.uns.ac.id/files/2011/12/Manajemen-Perusahaan.pdf
3. http://core.kmi.open.ac.uk/download/pdf/11715053.pdf
No comments:
Post a Comment