Sunday, October 5, 2014

MANAJEMEN DALAM PERUSAHAAN


Pengorganisasian adalah proses mengusahakan hubungan-hubungan yang efektif antara orang-orang,
sehingga mereka dapat bekerja sama secara efisien dan dengan demikian memperoleh kepuasan pribadi dalam melaksanakan tugas tertentu, dalam kondisi lingkungan tertentu guna mencapai tujuan tertentu.

MANAJEMEN PERUSAHAAN

U
ntuk dapat bersaing perusahaan harus mampu mengenali dengan baik semua aspek yang dimilikinya baik dilihat dari sisi kekuatan maupun kelemahannya. Hal tersebut dimaksudkan supaya perusahaan dapat mengambil langkah untuk membangun dengan segenap kemampuan yang ada dengan cara melakukan perbaikan yang berkesinambungan yang melibatkan seluruh karyawan (Rao,1996). Kunci keberhasilan peningkatan kinerja dalam suatu perusahaan adalah
efektivitas dan efisiensi dalam perusahaan. Keduahal tersebut harus dijalankan pada setiap kegiatan diseluruh departemen yang ada pada perusahaan. Karyawan adalah aset utama dalam setiap organisasi dimana pengetahuan yang dimiliki oleh setiap karyawan yang telah cukup lama melakukan pekerjaan tertentu sangatlah bernilai. Dalam hal ini karyawan harus dapat belajar cepat dan mempunyai kreativitas karena perbaikan dan perubahan organisasi hanya dapat tercapai apabila mereka berubah menjadi lebih baik secara internal (Kaplan dan Norton, 1996).
Di samping itu organisasi harus terdiri dari karyawan yang tujuan pribadinya sesuai dengan visi dan misi organisasi, dan karenanya merekamempunyai pendekatan positif terhadap perbaikan dan perubahan. Para karyawan harus mau belajar dari kesalahan mereka sendiri, saling berbagi pengetahuan, saling percaya, saling berkomunikasi secara terbuka, mempunyai cara kerja yang
cerdas, menyenangkan dan beretika didalam organisasi. Banyak organisasi belum memahami pentingnya aspek-aspek tersebut, sehingga proyek-proyek perbaikan dan pengembangan yang telah dilakukan hasilnya bersifat sementara, dan banyak kesempatan untuk meraih daya saing terlewat begitu saja (Besterfield, 2003).
Menggunakan acuan pada standar yang ada, maka outputdari suatu proses bisnis adalah produk/jasa yang berkualitas tinggi dimana outputtersebut nantinya akan mencapai kepuasan pelanggan sepenuhnya. Penilaian kinerja dalam suatu organisasi merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting, dimana hal ini dapat membantu untuk mengetahui sejauh mana kemajuan dan perkembangan suatu organisasi. Penilaian kinerja ini tidak dapat berdiri sendiri, melainkan terkait dengan pembentukan strategi yang mengarah pada pencapaian visi, misi, dan tujuan organisasi. Setelah strategi dibuat dengan jelas, maka diperlukan suatu sistem penilaian kinerja agar setiap perubahan dan kemajuan yang sedang diupayakan menjadi terukur. Sistem penilaian tersebut haruslah dapat menghubungkan tujuan pribadi para pekerja dengan tujuan yang ingin dicapai oleh organisasi (Rampersad, 2006).



Batasan/Definisi

·         Menurut Robbins (1994:6), menyatakan struktur organisasi menetapkan bagaimana tugas akan dibagi, siapa melapor kepada siapa, serta mekanisme koordinasi yang formal dan pola interaksi yang akan diikuti.
·         S.Reksohadiprodjo, dan T.H.Handoko (1992:74); Struktur organisasi merupakan suatu kerangka yang menunjukkan seluruh kegiatan untuk pencapaian tujuan organisasi, hubungan antar fungsi, serta wewenang dan tanggung jawabnya

Pola dan kelompok pekerjaan dalam suatu organisasi. Suatu sebab penting perilaku individu dan kelompok ( Gibson), yang dapat diidentifikasikan menjadi:

 Struktur sebagai pengaruh dari perilaku
 Struktur sebagai aktivitas berulang
 Struktur sebagai perilaku yang berorientasi pada maksud dan tujuan

STRUKTUR ORGANISASI KOMPONEN DASAR

4 komponen dasar struktur organisasi:
 Pembagian tugas (tanggung jawab) pada individu (bagian)-SPESIALISASI
 Hubungan pelaporan resmi, hirarki, rentang kendali
 Pengelompokan individu menjadi bagian organisasiDEPARTEMENTALISASI
 Sistem hubungan, komunikasi, koordinasi, integrasi, vertikal maupun horisontal
 Komponen 1, 2 & 3:  statis, tampak pada struktur organisasi
 Komponen 4: dinamis, tidak tampak


1. Garis vertikal menggambarkan hubungan otoritas, hubungan
pelaporan, tingkatan hirarkhi, dan rentang kendali
2. Nama jabatan dan garis otoritas menunjukkan lingkup tugas serta
tanggung jawab setiap pejabat
3. Sebutan satuan menunjukkan pengelompokan fungsi

DESAIN ORGANISASI

 Keputusan manajemen dan tindakan yang dihasilkan pada suatu struktur organisasi.

Desain organisasi
Keputusan manajerial:
•Pembagian pekerja
•Dasar departementalisasi
•Ukuran departemen
•Delegasi wewenang

PEMBAGIAN KERJA / spesialisasi
:Proses membagi pekerjaan ke dalam pekerjaan yang relatif khusus guna
mencapai keunggulan spesialisasi
 Pembagian kerja dapat berdasarkan:
1. Keahlian personal
2. Spesialisasi horisontal
3. Spesialisasi vertical

DASAR DEPARTEMENTALISASI
• DEPARTEMENTALISASI: proses dimana suatu organisasi secara struktural dibagi
dg mengkombinasikan pekerjaan dalam departemen berdasarkan beberapa andil karakteristik atau dasar tertentu.

Dasar departementalisasi
• Departementalisasi fungsi
• Departementalisasi teritorial
• Departementalisasi produk
• Departementalisasi pelanggan, ex: struktur organisasi pendidikan,departemen pinjaman dari bank
• Matrik

STRUKTUR ORGANISASI FUNGSIONAL

Desain Organisasi
• Tipe Organisasi
– Berdasarkan Fungsi
• Kelebihan: kerja lebih efisien, pengawasan menjadi lebih mudah.
• Kekurangan: sulit mengintegrasikan dan mengkoordinasikan kegiatan yang berbeda, pertanggung jawaban menjadi kurang jelas.
– Berdasarkan Produk atau Pasar
• Kelebihan: pengambilan keputusan menjadi semakin cepat, koordinasi menjadi lebih mudah, dan pertanggungjawaban jelas.
• Kekurangan: biaya operasional meningkat, duplikasi kegiatan/fungsi, pandangan sempit yang mengutamakan divisi/bagiannya.

STRUKTUR ORGANISASI CAMPURAN
• Struktur Campuran (Hibrid):
– Gabungan Fungsional-produk: struktur produk memiliki secara lengkap fungsi-fungsi yang
dibutuhkan, tetapi beberapa fungsi lainnya tetap dikuasai pusat perusahaan
– Fungsi yang tidak didesentralisasi : memerlukan efisiensi dan keahlian fungsional




SUMBER REFERENSI :

 1. STRUKTUR DAN DESAIN ORGANISASI : IKA RUHANA
2. http://rahadiandimas.staff.uns.ac.id/files/2011/12/Manajemen-Perusahaan.pdf
3. http://core.kmi.open.ac.uk/download/pdf/11715053.pdf


No comments:

Post a Comment